Kamis, November 15, 2007

hidup untuk berjuang atau berjuang untuk hidup?

kita adalah makhluk beruntung karena telah mengalahkan ribuan saudara kandung kita ketika terjadi pembuahan. perjuangan telah dilakukan oleh sel sperma untuk meraih sel telur sehingga terciptalah makhluk seperti kita. perjuangan selanjutnya dilakukan oleh seorang bayi mencari perhatian orang tuanya dengan tangisan agar mendapat makan, diganti popok atau dekelonin tidur. perjuangan terus dilakukan dalam setiap nafas manusia sampai akhirnya aku bertanya " hidup ini untuk berjuang atau berjuang untuk hidup?"
tidak mudah menjawab pertanyaan ini atau memang pertanyaan ini tidak perlu dijawab. seringkali kita larut dalam rutinitas harian tanpa ada waktu untuk merenungkan esensi kehidupan ini. waktu berjalan cepat, harta terus bertambah, cinta terus tumbuh tapi apakah semua itu benar-benar dibutuhkan untuk "hidup?"
hendaknya kita bisa meluangkan sedikit waktu untuk mundur sejenak dan merefleksikan perjalan hidup kita. apakah kehidupan kita benar-benar telah berada di jalur yang benar atau kita hendak membuat jalur baru.

salam sukses
tuhan memberkati

-why-

Tidak ada komentar: